Gedung Utama

Gedung F

Perpustakaan

Lab Bahasa

Lab Komputer

Ruang Kuliah

1 2 3 4 5 6
 

KEBIDANAN

Pendidikan kebidanan merupakan bagian dari jenjang akademik untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional kebidanan dalam menerapkan ilmu dan konsep kebidanan dan memanfaatkan teknologi secara arif serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Tujuan Pendidikan Program Studi Kebidanan (D III) adalah menghasilkan tenaga bidan pada tingkat ahli madya kebidanan sebagai tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa pancasila, berprilaku kreatif, dinamis dan inovatif, memiliki integritas dan berkepribadian tinggi, terbuka, dan tanggap terhadap pembaharuan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta tanggap terhadap berbagai masalah di masyarakat khususnya berkaitan dengan bidang kesehatan ibu dan anak.

Program Studi Kebidanan (D III ) Stikes A Yani berdiri sejak tahun 2002 yang mengacu pada KepMenDikNas No 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi dan KepMenDikNas No 232/U/2000 tantang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan hasil belajar mahasiswa. Saat ini Program Studi Kebidanan (D III) telah memiliki lulusan 693 orang yang sudah bekerja baik diinstansi pemerintahan, Rumah sakit, Puskesmas dan Bidan Praktek Swasta (BPS).

Pada Tahun 2006, Program Studi Kebidanan (D III) telah melaksanakan proses Akreditasi BAN-PT dan mendapatkan nilai B (350).

Keunggulan:
1. Kurikulum dengan mata kuliah muatan lokal yang menunjang pengelolaan praktik klinik kebidanan mandiri antara lain: Komputer, Kegawatdaruratan obstetrik dan Neonatal dalam bentuk pelatihan bantuan hidup dasar bekerjasama dengan RSKIA Harapan Kita Jakarta(Bersertifikat), kewirausahaan, Manajemen Keuangan dan Pemasaran (Menunjang pengembangan praktik kebidanan mandiri), Bahasa Inggris II(Bersetifikat).
2. Sarana penunjang berupa laboratorium kebidanan berbasis pemodelan, Mini, Hospital Maternal dan Neonatal.

Prospek karier:
1. Praktik Bidang di RS Pemerintah, RS Swasta, Poliklinik, Puskesmas.
2. Praktik Bidan Mandiri.
3. Melanjutkan pendidikan ke jenjang Bidan Pendidik (D-IV), kesehatan Masyarakat, S1 Kebidanan.

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi