Gedung Utama

Gedung F

Perpustakaan

Lab Bahasa

Lab Komputer

Ruang Kuliah

1 2 3 4 5 6
 

KEPERAWATAN

Keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan mempunyai peranan yang cukup besar dalam upaya pembangunan bidang kesehatan. Kualitas pelayanan keperawatan ditentukan oleh kualitas pemberi pelayanan keperawatan/asuhan keperawatan yaitu tenaga keperawatan.

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan Pasal 32 Ayat 4 dinyatakan bahwa pelaksanaan pengobatan dan atau perawawtan berdasarkan ilmu kedokteran dan atau ilmu keperawatan, hanya dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan untuk itu. Perawat sebagai anggota profesi bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan keperawatan sesuai wewenang yang dimiliki secara mandiri dan kolaborasi. Hal tersebut diinginkan karena perawat memiliki ilmu dan kiat keperawatan yang mendasari praktek profesionalnya.

Lahirnya program studi Keperawatan D-III di STIKES A.Yani Cimahi merupakan perubahan dari Akper A. Yani. Dasar perubahan program studi tersebut didasarkan pada tuntutan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan secara professional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia.

Dalam pengelolaannya program studi Keperawatan D-III STIKES A. Yani Cimahi didasarkan pada tata aturan yang mengatur manajemen akademik pendidikan tinggi. Manajemen akademik pendidikan tinggi meliputi hal-hal yang berkaitan dengan: sistem kredit semester yang mengatur tentang: kurikulum, sistem evaluasi, metode pembelajaran, persyaratan kualifikasi bagi pengajar, dan proses belajar mengajar. Kurikulum disusun dengan asas relevansi, akurasi, dan adaptif terhadap kebutuhan pasar kerja. Sistem evaluasi untuk menilai hasil belajar mahasiswa dilakukan dalam berbagai bentuk yang melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa dan dosen. Dalam proses belajar mengajar tebih menekankan pada keharmonisan penyampaian materi dengan ketercapaian tujuan pembeiajaran dengan tetap menekankan pentingnya suasana yang menyenangkan baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa

Dalam perkembangannya program studi Keperawatan D-III lebih memfokuskan pada upaya menghasilkan lulusan yang dapat bertugas sebagai tenaga kesehatan yang profesional dan memiliki kompetensi yang siap pakai di masyarakat, Rumah sakit, Puskesmas, Asuransi Kesehatan, Perusahaan dan Dinas Terkait. Hal ini sangat dimungkinkan dicapai, karena program studi Keperawatan D-III telah memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pihak pengguna, baik dari instansi pemerintahan, swasta/perusahaan, dan perorangan. Disamping jumlah alumni dari program Akper yang telah memiliki jumlah lulusan kurang lebih 1560 yang tersebar di berbagai Instansi.

Program Studi Keperawatan (D III)Pengembangan Akper A. Yani
Berdiri semenjak 1984 ,
Lulusan 1.927 + 104 orang telah bekerja di berbagai instansi (PNS, Swasta, TNI, Polri) baik di dalam maupun di luar negeri ,
Terakreditasi oleh BAN Nomor 017/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/XII/2006 dengan predikat B .

Keunggulan:
1. Kurikulum dengan muatan lokal yang memberikan bekal kepada lulusan agar mampu bekerja di dalam maupun di luar negeri.
2. Pelatihan BT-CLS.
3. Mayoritas dosen berpendidikan S-2 keperawatan.

Prospek Karier:
1. Perawatan pelaksana di rumah sakit puskesmas, poliklinik, baik milik Pemerintah atau swasta di dalam dan di luar negeri.
2. Melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya (Ilmu Keperawatan S-1) + Profesi, Ilmu Kesehatan Masyarakat(SKM)dll.
3. Wirausaha : Praktik keperawatan mandiri, balai pengobatan, home care, dll.

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi