KURIKULUM

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN (D-3)

 

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Rl Nomor 232/U/2000 tentang Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional, maka struktur kurikulum program studi Keperawatan (D-3) terdiri atas:

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang menunjang pembentukan kepribadian dan sikap sebagai bekal mahasiswa memasuki kehidupan bermasyarakat
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan temtama untuk memberikan landasan pembentukan keahlian baik untuk kepentingan profesi maupun untuk pengembangan ilmu dan teknologi.
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), adalah ketompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang menguasai dasar metedologi ilmu, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dalam salah satu bidang ilmu sesuai dengan tingkat keahlian.
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Keahlian Berkarya (MPKB) adaiah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang memiliki perilaku yang baik berkenaan metodologi ilmu yang dimilikinya.
  5. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adaiah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang mampu bersaing di masyarakat dan dapat mengabdikan ilmu pengetahuan yang diperolehnya di masyarakat

Melalui penetapan Sistem Kredit Semester (SKS) ditentukan juga kedalaman, keluasan dan koherensinya diantaranya melalui penetapan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) dan distribusi SKS pada setiap semester. Selanjutnya diatur hal-hal yang berkenaan dengan kurikulum sebagai berikut:

a. Beban satuan kredit semester (SKS) yang harus ditempuh 120 sks.
b. Penyelesaian studi  6-10 semester.
c. Distribusi setiap semester berkisar dari 16-23 sks

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi