Gedung Utama

Gedung F

Perpustakaan

Lab Bahasa

Lab Komputer

Ruang Kuliah

1 2 3 4 5 6
 

KESEHATAN MASYARAKAT

Kondisi ideal yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia khususnya berkaitan dengan pembangunan kesehatan adalah menuju Indonesia Sehat 2010 dengan sasaran terciptanya perilaku sehat di masyarakat, lingkungan sehat, upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat, sistem informasi dan manajemen kesehatan yang transparan dan bertambahnya angka harapan hidup bangsa Indonesia.

Strategi untuk mencapai kondisi ideal seperti tercantum diatas yaitu dengan paradigma sehat atau pembangunan berwawasan kesehatan, profesionalisme, desentralisasi, dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM).Pendekatan yang dilakukan meliputi kegiatan promotif dan preventif yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tanpa mengabaikan kegiatan kuratif dan rehabilitatif.

Kondisi ideal yang diharapkan masih jauh dari kenyataan hal ini terlihat dari munculnya berbagai masalah kesehatan saat ini, seperti demam berdarah,diare, polio, flu burung, antraks, AIDS, malaria, TBC dan yang lainnya, dimana dari kesemua penyakit tersebut rata-rata menjadi trend dan issu nasional bahkan internasional karena termasuk dalam kategori wabah atau kejadian luar biasa (KLB). Hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya derajat kesehatan masyarakat di negara ini, tentunya kondisi ini apabila dibiarkan akan menghambat tercapainya Indonesia Sehat 2010.

Pola penanganan terhadap penyakit bersifat reaktif sesaat, artinya apabila ada penyakit muncul, baru membuat program penanganan masalah dengan tindakan kuratif atau pengobatan. Sebenarnya kegiatan tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah sampai pada akar permasalahannya, masalah penyakit yang muncul di masyarakat kita saat ini sangat kompleks tentunya diperlukan strategi penanganan yang mengakar pada kondisi kultural bangsa ini, hal yang perlu kita ketahui adalah faktor sosial, ekonomi, pola hidup dan perilaku hidup sehat masyarakat kita masih rendahnya.

Semua kondisi diatas terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena tingkat pendidikan bangsa Indonesia masih rendah dan sangat memprihatinkan, data dari United Nations Development Project (UNDP) menunjukkan bahwa Indonesia dalam Human Development Index (HDI) menduduki peringkat sekitar ke 110 diantara berbagai negara di dunia. Salah satu faktor yang menentukan HDI adalah pendidikan.

Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam menangani kompleksnya penyakit di masyarakat adalah profesionalisme tenaga kesehatan. Data di lapangan menunjukkan bahwa dominasi dokter masih sangat tinggi di Indonesia, khususnya dalam penanganan masalah kesehatan masyarakat. Pendekatan yang dipakainya adalah kuratif atau pengobatan, sehingga tujuan akhirnya hanya menitikberatkan pada upaya bagaimana menciptakan pasien itu bisa sembuh. Sedangkan akar permasalahan yang sebenarnya mengapa penyakit tersebut bisa muncul terabaikan.

Bertitik tolak dari uraian di atas, Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) sangat konsen dalam penciptaan tenaga kesehatan yang profesional di bidangnya, sehingga membuka Program Studi Kesehatan Masyarakat di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES A. Yani) dengan tujuan utamanya adalah menciptakan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang mampu berkiprah dalam menangani masalah kesehatan yang kompleks di masyarakat dengan mengetengahkan upaya promotif dan preventif sehingga masyarakat memahami secara keseluruhan proses penyakit dan penanggulangannya dengan tetap melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan lain. Diharapkan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) lulusan STIKES A. Yani dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal menuju Indonesia Sehat 2010.

Keunggulan:
1. Advokasi
2. Investigasi Masalah Kesehatan Masyarakat
3. Riset Kesehatan
4. Analisa Statistik Kesehatan
5. Kewirausahaan

Prospek Karier:
1. Bekerja di Pemerintahan
2. Wirausaha (Bengkel Statistik, Pengolahan sampah)
3. Konsultan Gizi Kesehatan Gizi Masyarakat
4. Konsultan Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja
5. Konsultan K3 di Perusahaan
6. Penyuluh Kesehatan dan Perancangan Media Penyuluhan Kesehatan

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi