Indeks Journal bulan 08-2015

HUBUNGAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN POST BEDAH MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIBABAT CIMAHI
Ritha Melanie

Banyak pasien post bedah yang mengeluh nyeri pada area luka bedah, keluhan ini sebenarnya wajar karena tubuh mengalami luka dan proses penyembuhannya tidak sempurna. Yang perlu diwaspadai adalah jika nyeri itu disertai dengan komplikasi setelah pembedahan seperti luka jahitan yang tidak menutup, infeksi pada luka operasi dan gejala lain yang berhubungan dengan jenis pembedahan. Dampak nyeri yang spesifik seperti pengaruhnya terhadap pola tidur, pola makan, energi dan aktivitas keseharian.

08/2015

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI DESA CIMAREME KABUPATEN BANDUNG BARAT
Lina Safarina
Program Studi Keperawatan (S-1) Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Kebiasaan merokok di dalam rumah berdampak pada munculnya perokok pasif di rumah. Kebiasaan keluarga yang merokok di dalam rumah dapat berdampak negative bagi anggota keluarga khususnya balita.Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok aktif sekitar 27,6% dengan jumlah 65 juta perokok atau 225 miliar batang per tahun (WHO,2008). Rokok merupakan benda beracun yang member efek yang sangat membahayakan pada perokok atau pun perokok pasif, terutama pada balita yang tidak sengaja terkontak asap rokok. Nikotin dengan ribuan bahaya beracun asap rokok lainnya masuk kesaluran pernapasan bayi yang dapat menyebabkan Infeksi pada saluran pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan merokok anggota keluarga dengan kejadian ISPA pada balita di Desa Cimareme Kabupaten Bandung Barat.

08/2015

EFEKTIFITAS MODEL KELOMPOK SWABANTU UNTUK MENGURANGI BEBAN KELUARGA MERAWAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANJUT USIA DI MASYARAKAT WILAYAH KOTA CIMAHI
Oop Rope’i
Program Studi Keperawatan (D3) Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk lansia yang cukup tinggi dari tahun ke tahun sehingga kelompok lansia rentan juga meningkat, akan meningkat pula faktor risiko pada keluarga sehingga menjadi beban bagi keluarga, masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, diperlukan penanganan masalah lansia secara komprehensif dan terpadu karena permasalahan yang muncul terus berpacu dengan pertambahan jumlah penduduk lansia.Tujuan memperoleh model kelompok swabantu yang efektif untuk mengurangi beban keluarga merawat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup lansia sehingga menjadi keluarga mandiri, menggunakan kualitatif fenomenologi dengan cara wawancara mendalam dan catatan lapangan pada enam partisipan di Kota Cimahi. Analisis data menggunakan pendekatan Colaizzi.

08/2015

APLIKASI TEORI COMFORT KOLCABA DALAM PENANGANAN RESIKO GANGGUAN KESEIMBANGAN CAIRAN DAN ELEKTROLIT PADA ANAK PASCA PEMBEDAHAN DI RUANG BCH RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo
Fauziah Rudhiati 1, Nani Nurhaeni 2, Siti Chodidjah 3
1) Keperawatan Anak, Program StudiIlmu Keperawatan (S-2), STIKes Jenderal Achmad Yani, Cimahi 2) Keperawatan Anak, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok 3) Keperawatan Anak, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok

Nausea vomiting is comfort disorder which is experienced by most of post-operative children. Nausea vomiting can cause fluid imbalance is risk that can happen to almost all children who have undergone surgery. Fluid and electrolyte imbalance of post surgery could result worsening on children condition which was in the end obstructed recovery process of surgical wounds. The aim of the final scientific writing was to give description of application of Comfort Theory concept in nursing care on post-operative children who had needs over fluid and electrolyte.

08/2015

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN ANAK KELAS 3 SD TENTANG SARAPAN PAGI DI SDN GUMURUH 7 KECAMATAN BATUNUNGGAL KOTA BANDUNG TAHUN 2015
Siti Dewi Rahmayanti 1, Iin Siti Rohimah 2
1,2 )Program Studi Magister Keperawatan, Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Anak usia sekolah cenderung mengabaikan masalah kesehatan karena pengetahuan mereka masih terbatas. Adapun masalah yang paling sering terjadi dan kurang mendapat perhatian adalah kebiasaan sarapan. Studi pendahuluan yang dilakukan di SDN Gumuruh 7 pada kelas 1 sampai kelas 6 menunjukan ada sebanyak 28,3% responden yang tidak membiasakan sarapan. Kandungan gizi yang terdapat pada sarapan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan energi anak, tanpa sarapan anak akan kekurangan energi untuk menerima pelajaran di sekolah, oleh karena itu pendidikan kesehatan tentang sarapan pada anak usia sekolah perlu dilakukan agar mereka mempunyai pengetahuan dan tidak mengabaikan sarapan pagi setiap hari.

08/2015

SUPERVISI MODEL AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHANPERAWAT DALAM PENERAPAN SPO PERAWATAN LUKA STUDI DI RSUD CIBABAT CIMAHI
Lilis Rohayani
Program Studi Ilmu Keperawatan (S-1) Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Pelaksanaan Supervisi kepada perawat pelaksana padaumumnya masih bersifat pengawasan, dilakukan tidak terjadwal, tidak terstruktur, tidak terdokumentasikan dan belum memberikan umpan balik yang baik. Belum ada model supervisi yang diterapkan dan dari hasil evaluasi pelaksanaan SPO perawatan luka di Ruang Bedah belum sepenuhnya menjalankan dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa supervisi model akademik dapat meningkatkan kepatuhan perawat dalam penerapan SPO perawatan luka.

08/2015

PENGARUH HIPNOTERAPI TERHADAP NYERI HAID (DISMENORE) PADA MAHASISWI D III KEBIDANAN STIKES A.YANI CIMAHI
Achmad Setya Roswendi
Program Studi Ilmu Keperawatan, Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Di Indonesia prevalensi dismenore pada usia remaja sebesar 64,25% yang terdiri dari 54,89% dismenore primer dan 9,36% dismenore sekunder (Santoso, 2008). Di Jawa Barat tidak ada angka pasti mengenai jumlah remaja yang mengalami menstruasi, namun diperkirakan 30%-70%.

08/2015

PENGARUH STIMULASI TERSTRUKTUR TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH BINTANG ISLAMIC PRESCHOOL
Nunung Nurjanah 1), Nadirawati 2)
Program Studi Ilmu Keperawatan, Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi

Number of developmental delay in preschool children reached 5-10%. Developmental delay could be intervere with developmental stimulation in four area, which are gross motor, fine motor, language and speech, and also independece and socialization. The purpose of this researchis is to apply the structurised stimulation to increase the developmental in pre school children.

08/2015

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi