Indeks Journal bulan 12-2008

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENDIDIKAN BIDAN DENGAN PENGGUNAAN PARTOGRAF DI PUSKESMAS PAGADEN PERIODE MARET SAMPAI JULI 2008
Novie E. Mauliku, Nurbaeti, Indrianti Windaningsih

Latar Belakang : Usia Harapan Hidup sangat dipengaruhi oleh Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI), semakin tinggi AKB & AKI maka semakin rendah Usia Harapan Hidup. Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi adalah adanya peran dan fungsi bidan yang adekuat dalam menolong persalinan. Peran bidan sebagai pelaksana dalam proses persalinan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi, untuk itu diperlukan alat bantu atau pedoman persalinan untuk menilai kemajuan persalinan dan mendeteksi adanya komplikasi dan penyimpangan pada persalinan yaitu partograf.

12/2008

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KINERJA BIDAN DI RUANG KEBIDANAN RS. RAJAWALI BANDUNG PERIODE JANUARI-MARET 2008
Siti Nur Endah, Yeni Rosyeni, Yuliana Sumiyati

Tingkat kepuasan adalah keadaan seseorang yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan setelah tujuannya tercapai baik fisiologis maupun psikologis. Dalam rangka meningkatkan kepuasan pasien dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit dibutuhkan petugas atau tenaga kesehatan yang mampu memberikan pelayanan terbaik sehingga timbul rasa puas bagi pelanggan atau pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap kinerja bidan Di Ruang Kebidanan RS Rajawali. Jenis penelitian ini adalah penellitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan cara random samplingdengan jumlah sampel 88 orang responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diambildengan menggunakan alat pengumulan data berupa kuesioner.

12/2008

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi