Emosi dan Hubungan Antar Sebaya pada Anak Tunalaras Usia Sekolah antara Terapi Musik Klasik (Mozart) dan Murrotal (Surah Ar-Rahman)

Emosi dan Hubungan Antar Sebaya pada Anak Tunalaras Usia Sekolah antara Terapi Musik Klasik (Mozart) dan Murrotal (Surah Ar-Rahman)

Padila, Setiawati , Iin Inayah , Henny Suzana Mediani , Chatarina Suryaningsih

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas terapi musik klasik(mozart) dan terapi murrotal (surah ar-rahman) terhadap perubahan emosi dan hubunganantar sebaya pada anak tunalaras usia sekolah di SDN 1 Noman Musi Rawas Utara. Desainpenelitian ini menggunakan kuasi-eksperimen, rancangan pre test and post test. Hasilpenelitian terdapat perbedaan terapi musik klasik (mozart) dan murrotal (ar-rahman)terhadap perubahan emosi dan hubungan antar sebaya pada anak tunalaras. Terdapatperbedaan yang signifikan rerata tunalaras setelah diberikan intervensi klasik (mozart)minggu ke 5 yaitu 9,06 sedangkan setelah diberikan intervensi murrotal (Ar-Rahman)minggu ke 5 turun sampai 2,24. Rerata selisih skor tunalarasnya 6,82 kali, Simpulan,terapi murrotal (Ar-Rahman) 6-7 kali lebih cepat menurunkan emosional dan memperbaikihubungan antar sebaya pada anak tunalaras dibandingkan terapi musik klasik (mozart).

Publikasi artikel hasil tesis mahasiswa dalam https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/1276



Tinggalkan Komentar