Indeks Journal bulan 04-2011

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK PROPOLIS LEBAH MADU LOKAL Apis mellifera
Arina Novilla

Antioksidan adalah senyawa kimia yang dapat menyumbangkan satu atau lebih elektron kepada radikal bebas, sehingga radikal bebas tersebut dapat diredam Tubuh manusia tidak mempunyai cadangan antioksidan dalam jumlah berlebih, sehingga jika terjadi paparan radikal berlebih maka tubuh membutuhkan antioksidan eksogen. Adanya kekhawatiran akan kemungkinan efek samping yang belum diketahui dari antioksidan sintetik menyebabkan antioksidan alami menjadi alternatif yang sangat dibutuhkan

04/2011

The Knowledge of Primipara’s Mothers about Navel’s Treatment in Birth’s Room in Immanuel Hospital - Bandung.
Saur Mian Sinaga

Based on Indonesia’s Health Demography Survey in 2007, the number of children’s death was still high that is 34 out of 1000 life birth, some of it because of tetanus. Reducing the number will need a good, proper and effective health service of navel. Primipara’s are who just women who just gave birth of their first child, having difficulties in caring the navel because lock of knowledge and information about it. This phenomenon lead of the reseach. The purpose is to get description about those women’s knowledge in caring the navel which consist of caring concepts, equipment preparation, process and evaluation. This reseach using quantitatif descriptionmethod with Purpose Samplingtechnique for about 37 participants. They filled the questionary consist of 20 questions. The results are some of their having good knowledge ( 166.22 % ), most having average knowledge ( 16.16 %) and the rest are lock of it ( 21.62 % ). Based on the result, the hospital suggested to give more information and training about the best way in open navel’s treament without alkohol 70 % to primipara’s mothers who are going home with their baby’s.

04/2011

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH ( 4-6 ) TAHUN DI TK RHODHATUL BANAT CIMAHI
Setiawati

Pada masa kanak-kanak proses tumbuh kembang terjadi sangat cepat. Perubahan yang terjadi pada seseorang tidak hanya meliputi apa yang terlihat seperti pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan dalam segi lain seperti perasaan, tingkah laku dan cara berhubungan dengan orang lain dan lingkungannya. Pengalaman pertama didapatkan anak dari keluarga dimana keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam kehidupan anak makka di dalam keluargalah anak mendapat contoh dan pendidikan serta bimbingan awal dari orang tua bagaimana seharusnya bersikap, berperilaku dan bekerjasama dengan baik. (Yusuf, 2006).

04/2011

KAJIAN ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3RS DI RUMAH SAKIT IMMANUEL BANDUNG
Novie E. Mauliku

Fasilitas kesehatan, termasuk di dalamnya rumah sakit, puskesmas, balai kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium klinik, dan laboratorium kesehatan, merupakan tempat kerja yang sangat sarat dengan potensi bahaya kesehatan dan keselamatan pekerjanya. Risiko terjadinya gangguan kesehatan dan kecelakaan menjadi semakin besar mengingat fasilitas kesehatan merupakan tempat kerja yang padat tenaga kerja. Dan dari berbagai penelitian menunjukan bahwa prevalensi gangguan kesehatan yang terjadi di fasilitas kesehatan lebih tinggi dibandingkan tempat kerja lainnya (Mansyur, 2007). Risiko bahaya dalam kegiatan rumah sakit dalam aspek kesehatan kerja, antara lain berasal dari sarana kegiatan di poliklinik, ruang perawatan, laboratorium, kamar rontgent, instalasi gizi, laundry, ruang medical record, bagian rumah tangga (housekeeping), farmasi, sterilisasi alat-alat kedokteran, pesawat uap atau bejana dengan tekanan, instalasi peralatan listrik,instalasi proteksi kebakaran, air limbah, sampah medis, dan sebagainya (Wicaksana, 2002).

04/2011

ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN OVITRAP JENIS TUTUP DATAR DAN OVITRAP JENIS TUTUP LENGKUNG DALAM EFEKTIFITAS SEBAGAI PERANGKAP TELUR NYAMUK AEDES SP. DI PERUMAHAN BAROS KELURAHAN BAROS KOTA SUKABUMI
Achmad Setya R (1), Eri Nasution (2)

Background: DepKes RI (2010),menjelaskan bahwa kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia semakin meningkat, yaitu sebanyak 117.830 kasus pada tahun 2008 dan manjadi sebanyak 121.423 kasus pada tahun2009. Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki kasus DBD terbanyak yaitu sebanyak 29.334 kasus. Kota Sukabumi merupakan urutan pertama Insiden Rate (IR = 1/100.000 penduduk) yaitu sebanyak 1388 kasus pada tahun 2009. Kelurahan Baros merupakan salah satu Kelurahan di Kota Sukabumi dan merupakan urutan pertama terbesar terjadinya kasus DBD selama tahun 2009 diantara 5 Kelurahan yang lainnya, dengan jumlah kasus sebanyak 82 kasus. DBD sampai saat ini belum ditemukan obat/vaksinnya. Pengobatan pada dasarnya mengatasi kehilangan cairan plasma sebagai akibat peningkatanpermeabilitas kapiler dan pendarahan. Upaya pengendalian vektor DBD di Kota Sukabumi telah dilakukan dengan berbagai program pencegahan dan pemberantasan vektor penyakit DBD dengan mengendalikan nyamuk Aedes aegypti.

04/2011

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LAKI-LAKI USIA 40 TAHUN KEATAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEGALGUBUK KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON TAHUN 2010
Mohammad Sadli dan Riko Riantirtando

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara kebiasaan merokok dengan kejadian hipertensi pada laki-laki usia 40 tahun ke atas diwilayah kerja Puskesmas Tegalgubug dengan mempertimbangkan meningkatnya jumlah kasus kejadian hipertensi pada tahun 2008 dan 2009 dengan besaran kasus pada tahun 2008 sebesar 3267 kasus, tahun 2009 3535 kasus Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan merokok (jumlah rokok, jenis rokok, cara menghisap dan lama merokok) sebagai salah satu faktor resiko kejadian hipertensi pada laki-laki usia 40 tahun ke atas di wilayah kerja Puskesmas Tegalgubug.

04/2011

POTENSI ASAM LEMAK PADA MINYAK KELAPA MURNI (VCO) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHANCandida albicansSECARA IN VITRO
Arina Novilla 1) Perdina Nursidika 2) Meyli Resmelia 3)

Kandidiasis merupakan penyakit yang disebabkan infeksi Candida baik primer maupun sekunder terhadap penyakit lain yang telah ada. Penyebab utama kandidiasis adalah Candida albicans. Pada umumnya pengobatan kandidiasis dilakukan dengan pemberian obat antifungi (kemoterapi), terutama nistatin, amfoterisin-B dan azole, tetapi toksisitas dan resistensi obat ini merupakan masalah potensial. Toksisitas yang ditimbulkan akibat pemakaian beberapa obat antifungi diantaranya kerusakan ginjal yang tidak dapat disembuhkan walaupun obat dihentikan, anemia hemolitik, gangguan fungsi alat pencernaan dan gangguan fungsi hati. Oleh karena itu perlu metode lain sebagai upaya alternatif yang lebih aman salah satunya adalah pemanfaatan bahan alami yaitu minyak kelapa murni (VCO).

04/2011

Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit di Wilayah Kota Cimahi
Agus Riyanto dan Roni Iryadi

Kota Cimahi merupakan kota di daerah Jawa Barat yang terdiri dari empat rumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat, Rumah Sakit Mal, Rumah Sakit Mitra Kasih dan Rumah Sakit Dustira, dari hasil survei awal peneliti mendapatkan masih banyak pasien yang berkunjung di keempat rumah sakit tersebut merasa kurang puas terhadap pelayanan rumah sakit, seperti di RS Dustira 66% pasien yang berkunjung merasa kurang puas, di RS Umum Cibabat 57% pasien merasa kurang puas, di RS Mitra Kasih 52% pasien merasa kurang puas dan di RS Mal 63% pasien merasa kurang puas.

04/2011

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi