Indeks Journal bulan 04-2013

THE CORRELATION BETWEEN THE DURATION OF PLAYING ONLINE GAME WITH THE LEARNING MOTIVATION IN STUDENT CLASS VII AND VIII AT SMPN 1 CIMAHI
Achmad Setya Roswendi, S.Kp., MPH

SMPN 1 Cimahi, represent 232 and student regarding to the intention of playing online game, there are 124 males has been gotten. And from 87 student showing symptom like, they always feel sleepy when studying, tired, concentration decreases, etc. Based on the above data, researcher wants to be investigate about the correlation duration of playing online gamewith the learning motivation in student class VII and VII at SMPN 1 Cimahi. This research is conducted in order to know the relationship between the duration of playing online gameand learning motivation in student class VII and VIII at SMPN 1 Cimahi.

04/2013

HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASIBELAJAR PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMPN 1 CIMAHI
Achmad Setya Roswendi, S.Kp., MPH

SMPN 1 Cimahi, mewakili 232 siswa dan yang pernah bermain game didapatkan sebanyak 124 siswa lai-laki bermain game dan sebanyak 187 siswa menununjuk gejala seperti saat belajar suka ngantuk, merasa lelah, konsentrasi menurun dan lain-lain. berdasarkan data diatas peneliti tertarik tentang hubungan durasi bermain game online dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII dan VII di SMPN 1 Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi bermaian game online dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII dan VIII di SMPN 1 Cimahi.

04/2013

HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP MELATI RSUD SUBANG
Ibrahim N. Bolla, S.Kp.,MM

Perawat perlu membina hubungan kepercayaan dengan klien melalui suatu komunikasi terapeutik, berguna sebagai penunjang dalam pelayanan keperawatan, sehingga dapat mengetahui apa yang sedang dirasakan dan yang dibutuhkan klien dan jika hal itu sudah terpenuhi maka pasien akan merasa puas. Untuk menciptakan komunikasi terapeutik yang baik maka diperlukan keterampilan perawat dalam komunikasi terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap melati RSUD Subang.

04/2013

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DI DESA CIKAMUNING KECAMATAN PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
Dadang Darmawan, SKM, M.Kes

Kasus PMS di Indonesia tahun 2010 tercatat 48.789.954 orang, di Jawa Barat tahun 2001 s/d 2011 sebanyak 19.769 kasus, sedangkan di Kota Bandung diketahui dari tahun 2007-2011 sebanyak 10.956 kasus. Pekerja Seks Komersial merupakan salah satu populasi yang beresiko tinggi terinfeksi PMS dengan transmisi penularan melalui hubungan seksual. Permasalahan tingginya kasus penyakit menular seksual salah satunya disebabkan oleh kurangnya informasi tentang penyakit menular seksual, dimana pendidikan kesehatan sangatlah penting diberikan pada PSK untuk mengurangi dampak penularan ataupun pengidap PMS.

04/2013

PENGARUH DUKUNGAN MASYARAKAT BAGI KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELUARGA DALAM PROGRAM IMUNISASI DASAR DI KELURAHAN DAYEUH LUHUR KOTA SUKABUMI TAHUN 2012
Irawan Danismaya, S.Kp.,M.Kep

Partisipasi masyarakat dalam program imunisasi tergambar dari besarnya angka Drop Out (DO). Kelurahan Dayeuh Luhur di wilayah binaan Puskesmas Benteng dilaporkan memiliki angka DO tertinggi dan non UCI (Universal Child Immunization) se-Kota Sukabumi di tahun 2011.

04/2013

Efek Hipoglikemik Perasan Buah Labu Siam (Sechium edule): Analisis Glukosa Darah Tikus Putih (Rattus norvegicus) yang Diinduksi Aloksan (2,4,5,6-tetraoxypyrimidine; 5,6-dioxyuracil)
Ayi Furqon, SKM., M.Biomed

Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang memerlukan penanganan dan pengendalian secara intensif. Hampir 80% faktor risiko non-IDDMatau diabetes tipe 2 adalah buruknya gaya hidup. Pengobatan mereka biasanya mengkonsumsiobat penurun glukosa darah, bahkan menu makanan pun biasanya mengkonsumsi makan seperti labu hanya untuk mengendalikan konsentrasi gula darahnya.

04/2013

UJI KERENTANAN Anopheles nigerrimus(GILES) TERHADAP INFEKSI PERCOBAAN MIKROFILARIA Wuchereria bancrofti(COBBOLD)
Lilis Puspa Friliansari, Ridad Agoes, Sadeli Masria

Anopheles nigerrimus termasuk grup An. hyrcanus yang tidak memiliki organ cibarial dan pharyngeal armature, sehingga diperkirakan dapat mengembangkan mikrofilaria menjadi larva infektif (L-3). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perkembangan dan pematangan (efisiensi) L-3 Wuchereria bancrofti pada An. nigerrimus (non-vektor W. bancrofti), yang kemudian dibandingkan dengan Culex quinquefasciatus (vektor aktual W. bancrofti).

04/2013

Analisis Pertumbuhan Jamur Aspergillus fumigatusdalam Media Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.)
N. Ratna Ningrum, Widhorini, Euis Yuliani

Untuk kelangsungan hidupnya mikroba membutuhkan nutrien dan faktor lingkungan yang sesuai. Kacang hijau merupakan sumber nutrisi mengandung karbohidrat 62,9 gr, yang merupakan salah satu sumber utama untuk pertumbuhan dan perkembangan jamur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pertumbuhan jamur Aspergillus fumigatus pada media kacang hijau. Metode yang digunakan adalah single dot, dengan mengukur koloni diameter setiap 24 jam selama 20 hari di inkubasi pada temperatur kamar (25 0 C). Hasil uji statistik menunjukkan hampir semua P valuebernilai 0.000 lebih besar dari α (0.05), artinya semua konsentrasi kacang hijau dapat menumbuhkan jamur Aspergillus fumigatus secara signifikan. Dilihat dari korelasi dengan SGA yang paling tinggi adalah konsentrasi Kacang Hijau 10% dengan nilai 0.986.

04/2013

PENGARUH LAJU PERTUMBUHAN DAN WAKTU GENERASI TERHADAP PENGHAMBATAN PERTUMBUHAN KOLONI Klebsiella pneumoniaeSTRAIN ATCC 700603, CT1538 DAN S941 OLEH Lactobacillus bulgaricusKS1 DALAM SOYGHURT
Prima Nanda Fauziah, Jetty Nurhajati, Chrysanti

Suatu usaha pencegahan pertumbuhan berbagai strain bakteri Klebsiella pneumoniae dalam saluran pernapasan dengan menggunakan probiotik Lactobacillus bulgaricusdalam soyghurt telah dilakukan secara in vitrodi laboratorium mikrobiologi UPK FK Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laju pertumbuhan dan waktu generasi terhadap penghambatan pertumbuhan koloni berbagai strain K.pneumoniaeoleh L.bulgaricusdalam soyghurt. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap penelitian, yaitu tahap pertama membuat kurva pertumbuhan untuk mengetahui laju pertumbuhan yang dilanjutkan dengan penentuan waktu generasi.Tahap kedua menguji penghambatan pertumbuhan koloni berbagai strain K.pneumoniae olehL.bulgaricus dalam soyghurt.

04/2013

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi