Indeks Journal bulan 04-2015

Prevalensi Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Pasundan 1 Cianjur berdasarkan Nilai Indeks Eritrosit Tahun 2013
Arin Novilla
Program Studi Analis Kesehatan (D-3), Stikes Jend. Achmad Yani Cimahi
Arina_Novilla@yahoo.co.id

Anemia yaitu suatu keadaan dimana sel darah merah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke dalan jaringan tubuh (WHO, 2009).Anemia menyebabkan darah tidak cukup mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bila oksigen yang diperlukan tidak cukup, maka akan berakibat pada sulitnya berkonsentrasi, sehingga prestasi belajar menurun, daya tahan fisik rendah sehingga mudah lelah, aktivitas fisik menurun, mudah sakit karena daya tahan tubuh rendah, akibatnya jarang masuk sekolah atau bekerja (Depkes, 2008 dalam Nur Rahman 2008). Wanita lebih sering menderita anemia dibandingkan laki-laki, hal ini sesuai dengan kebutuhan fisiologis wanita yang mengalami menstruasi yang terjadi setiap bulan. Berdasarkan data WHO (2008), prevalensi anemia tahun 1993-2005 pada WUS di Indonesia mencapai 33,1 %, angka ini lebih tinggi di bandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Brunei (20,4 %), Malaysia (30,1 %), Vietnam (24,3 %), dan Thailand (17,8 %). Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2007, diketahui bahwa prevalensi anemia pada perempuan dewasa sebesar 19,7% (Depkes, 2008 dalam Nur Rahman, 2008).

04/2015

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dalam Bentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dan Asas Tata Kelola Yang Baik
Asep Dian Abdillah
Program Studi Kesehatan Masyarakat (S-1), Stikes Jend. Achmad Yani Cimahi
dian_abdilah@yahoo.com

Rumah sakit merupakan sarana pemberi pelayanan kesehatan perorangan dan Rumah sakit umum daerah adalah rumah sakit umum milik pemerintah daerah yang merupakan unsur pendukung tugas pemerintah daerah, di bidang pelayanan kesehatan yang menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan harus berbentuk Badan Layanan Umum Daerah.Asas Tata Kelola Yang Baik adalah dasar dari cara menyusun mekanisme mengarahkan, mengendalikan, baik suatu organisasi / lembaga ataupun suatu fungsi, agar sesuai dengan tujuannya dan harapan para pihak yang berkepentingan.

04/2015

Pengaruh Paket Informasi Tentang Gizi SarapanPagi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Pemberian Sarapan Pagi Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Karya Utama Parompong Bandung Barat
Mona Megasari 1,Agus Riyanto 2
1) Keperawatan (S-1), Stikes Budi Luhur Cimahi 2) Kesehatan Masyarakat (S-1), Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi
agus_kesmas78@yahoo.co.id

Tumbuh kembang anak usia sekolah dipengaruhi oleh pemberian gizi seimbang. Sarapan pagi berperan sangat penting, karena dapat menyumbang gizi dua puluh lima persen dari angka kecukupan gizi dalam satu hari. Anak yang menyempatkan diri untuk sarapan, terutama sarapan yang sehat tentu akan memiliki status gizi yang baik, kecukupan energi, vitamin serta akan berdampak pada kemampuan akademik.

04/2015

Waktu Generasi Dan Aktivitas Agregasi Probiotik Lactobacillus Acidophillus Cps1 Sebagai Kandidat Antimikroba
Prima Nanda Fauzia
Program Studi Analis Kesehatan (D-3), Stikes Jenderal Achmad Yani
primanandafauziah@analis-ayani.ac.id

Penggunaan probiotik yang tidak menimbulkan efek samping serta diduga aman bagi tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit infeksi semakin meningkat akibat mewabahnya bakteri patogen yang resisten terhadap antibiotik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu generasi dan aktivitas agregasi probiotik Lactobacillus acidophillus CPS1 sebagai kandidat antimikroba.

04/2015

Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Kontak Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L.) Dengan Sabun Pembersih Kewanitaan Terhadap Pertumbuhan Lactobacillus Acidophilus Dan Lactobacillus Brevis
Iis Herawati 1, Hesti Hardiyanti 2
1,2) Program Studi Analis Kesehatan (D-3), Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi
iis.herawati73@yahoo.com

Kesehatan reproduksi dan kebersihan daerah kewanitaan bagi perempuan sangat penting.Di dalam vagina terdapat bakteri Lactobacillus sp. yaitu bakteri yang baik yang berfungsi untuk mempertahankan dan menjaga keseimbangan mikroflora normal vagina.Sekarang ini banyak dijual di pasaran jenis produk sabun pembersih kewanitaan. Penggunaaan sabun pembersih kewanitaan justru akan mengganggu ekosistem di dalam vagina, terutama pH dan kehidupan bakteri baik.

04/2015

Kandungan Timbal Pada Urin Remaja Perokok
Perdina Nursidika 1, Sitti Romlah 2, Ina Maulina 3
1,2,3) Program Studi Analis Kesehatan (D-3), Stikes Jend. Achmad Yani Cimahi
Perdina@analis-ayani.ac.id

Penyebab terjadinya kontaminasi timbal karena penggunaan timbal di industri.Rute paparan timbal bisa dari udara, air, tanah, makanan, dan produk yang terkontaminasi timbal.Masuknya timbal ke dalam tubuh akibat paparan yang terjadi secara akut dan kronis.Timbal menjadi sangat berbahaya ketika membentuk senyawa derivat di lingkungan.Keracunan timbal karena kemampuannya melewati kulit dan saluran pernafasan, sehingga berefek pada sistem syaraf pusat.Senyawa timbal yang masuk kedalam tubuh dapat mengganggu enzim dan syaraf karena kemampuannya untuk mengikat gugus silfhidril.

04/2015

Stabilitas Konsentrasi Glukosa Darah Simpan Jangka Pendek dalam Tabung Berteknologi Pemisah Jel
Ayi Furqon 1, Hilman Nurmukhlis 2
1,2) Program Studi Analis Kesehatan (D3) Stikes Jend. Achmad Yani Cimahi
ayifurqon@stikesayani.ac.id;ayifurqon@gmail.com

Pemeriksaan glukosa darah adalah skrining awal untuk diabetes melitus sehingga pada pemeriksaan ini harus memiliki kualitas hasil pengukuran yang baik. Teknologi Tabung separator memiliki gel yang mengandung Silica Clot Activator dan Polymer Gel yang berfungsi sebagai pemisah antara serum dan eritrosit darah, mempercepat proses pembekuan, mencegah terjadinya kerusakan spesimen dan kontaminasi terhadap spesimen. Teknologi ini telah lama diterapkan dan digunakan, namun secara efisien tentu saja tabung ini bersifat sekali pakai, di satu sisi pada beberapa laboratorium menggunakan tabung gelas yang dapat digunakan kembali.Untuk itu penting mengetahui seb erapa jauh stabilitas konsentrasi glukosa dari kedua kondisi dalam waktu singkat pada suhu ruang (20-26 0C).

04/2015

Copyright©2017, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi